Merakit Komputer

Rabu, 30 September 2009

Merakit Komputer

Apteknologi tentang komputer
Komputer adalah Alat bantu manusia untuk menyelasaikan pekerjaannya sehingga pekerjaan menjadi mudah dan lebih cepat.Kata Komputer berasal dari Bahasa latin yaitu computare yang mempunyai arti menghitung.Secara denifisi Komputer di terjemahkan sebagai kumpulan alat elektonok yang saling bekerjasama,dapat menerima data (input).mengolah data (proses),dan memberikan informasi serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang di simpan di memorinya.

Untuk mengetahui bagaimana merakit komputer dari awal hingga jadi. maka anda perlu tahu hard ware apa saja yang di butuhkan untuk merakit komputer,dan tahu tentang fungsi apa saja yang di miliki dari hard ware tersebut .Untuk lebih jelasnya maka saya akan gambarkan sedikit tentang komputer.


Gambar casing komputer .
Di dalam casing komputer terpasang beberapa komponen yang terdiri dari :

1. Moter Board


Moter Board adalah Papan utama di mana semua komponen komputer terpasang di situ dari Memory,Vga,prosesor dan peralatan yang lian yang terhubung langsung di casing melalui bantuan moterboard sebagai pendukung alat untuk proses komputer seperti Hardisk,flopy,CD atau DVD.

2.Memory








Memory adalah salah satu komponen komputer yang harus ada dan terpasang di moterboad .salah satu fungsi memory adalah untuk menyimpan system bekerjanya komputer yang di hubungkan dengan instalasi program yang nantinya akan di instal di dalam komputer.oleh karna itu keberadaanya sangatlah penting baik untuk mempercepat kinerja komputer maupun untuk menyimpan data data agar proses kinerja komputer dengan programnya bisa bekerja bersama sama di moter board.

3.Vga



VGA singkatan dari Video Graphics Accelerator, berfungsi untuk mengolah data graphis dan ditampilkan di layar monitor, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU(Graphics Processing Unit) dan membutuhkan memory juga.

VGA ada dua tipe yang pertama Vga terpasang di dalam moterboard ,jika kita membeli moterboard dan vga nya on board maka tidak perlu lagi membeli vga yang aslinya,jika moterboard tidak ada vga maka kita perlu membelinya seperti gambar di atas,agar ada tampilan di layar monitor nanti karna fungsi sendiri vga adalah untuk memberi gambar atau tampilan pada layar monitor.

4.Hardisk


Hardisk adalah alat utama untuk menyimpan data atau program yang terinstal di komputer.untuk mengetahui banyak  Teknologi Hardisk .hardisk biasanya dalam instalasi bisa di bagi bagi atau istilahnya Partisi hardisk untuk menyimpan data atau untuk memilih data data mana yang akan di simpan dalam partisi apa agar tidak terkena back stor atau rusak.

5.CPU


Tempat cpu di yang ada di moterboard
gambar cpu



Cpu adalah otak komputer di mana semua proses komputer berada di sini oleh karna itu jika alat ini rusak maka rusak lah semua,proses kecepatan komputer dan penggunannya maka di otak ini,tiap hari pengembangan otak oleh pembuat komputer selalu berkembang bahkan dalam beberapa dekade hardware ini sudah ketinggalan,maka perlu adanya up grade prosesor agar kinerja komputer lebih cepat dan aman. 

6.Dvd
Dvd adalah alat untuk membantu dalam proses instalasi program melalui gambar atau cd/dvd agar program yang terinstal dapat di jalankan dengan baik.


Jika semua komponen sudah tersedia maka kita kita bisa mulai untuk merakitnya ,

Langkah demi langkah merakit komputer
  1. Siapkan moterboard dan prosesor(cpu) kemudian pasang di tengah atau tempat prosesor harus di pasang agar benar mengikuti petunjuk yang ada di petunjuk moterboard.setelah prosesor terpasang maka langkah kedua adalah
  2. Kita memasang memory dengan melihat slotnya agar pas dan tidak lepas,
  3. Langkah ketiga kita memasang hard disk dengan menghubungkan power supply dan kabel sata yang ada di moterboard dengan benar
  4. Langkah empat memasang CD/DVD dengan menghubungkan ke power supply dan moterboard dengan benar
  5. Langkah lima memasang vga di slot vga dengan menancapkan ujung vga di tempatnya agar benar benar terpasang dengan baik dan benar
  6. Memasang kabel dari moterboard ke casing baik untuk tempat flash disk maupun power dengan benar 
Jika semuanya sudah terpasang dengan benar maka kita perlu mengetes hard ware mana saja yang terditeksi oleh komputer caranya dengan masuk bios.jika semua sudah di cek dan ternyata ada semua maka program sudah siap di install.

Baca juga artikel ini:
Semoga bermanfaat,Amin

0 comments

Posting Komentar